Kamis, 28 Agustus 2014

New Journey at College

Assalamualaikum teman-teman.

Alhamdulillah sekarang aku sudah ganti status sebagai mahasiswi di universitas bergengsi di sumatera selatan loh 😄

Yap, aku menjadi salah satu bagian dari Universitas Sriwijaya (Unsri). Aku memilih jurusan Sistem Komputer (SK) di Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) melalui jalur SNMPTN. Ga kerasa aku sudah berada di semester 3. Kampusku berada di Indralaya, Ogan Ilir. Setiap hari nya aku PP dari Palembang - Indralaya (Layo) dan sebaliknya dengan jarak tempuh 1 - 2 jam menggunakan bis kuning atau trasmusi. Kata orang anak PP itu strong, karena kami harus 'berebut' transportasi untuk bisa ke kampus yang antriannya super padat dan harus pintar mencari celah agar tidak terlambat tiba di Layo. Belum lagi harus siap menghadapi debu jalanan, jalanan berlubang, bis yang terkadang mogok dan kemacetan. Bahkan aku pernah terjebak macet di jalan hingga malam (selesai kuliah jam 3 sore). Tapi ya itulah resiko yang harus ditanggung jadi anak PP dan pasti akan jadi pengalaman tak terlupakan 👌

Kuliah juga membuatku mengenal dunia lebih luas dan tentunya teman-teman baru. Biasanya aku hanya mengenal teman yang berasal dari Palembang saja dan beberapa dari Jawa (Sarah contohnya, temanku sejak SMP). Sekarang aku bertemu dengan teman-teman yang lahir dan besar di berbagai daerah, seperti Lahat, Baturaja, Banyuasin, Lampung, Jakarta dan masih banyak lagi. Menyenangkan rasanya bisa mengenal mereka, mulai dari bahasa yang berbeda, logat pun berbeda dan sifat yang berbeda. Selain belajar, kami juga terkadang menghabiskan waktu bersama di kantin atau melakukan kegiatan lain. Saat musim durian, kami membeli durian yang dijual di luar pagar Unsri.


Dela, Elfa, Yudha, Kusuma, Aceng
Andhika, Sri, Suci, (Aku), Erick



Foto di atas merupakan teman-teman sekelasku, ada Dhika, Yudha, Aceng, Erick, Suci, Yani, Kusuma, Elfa dan Dela. Dhika adalah ketua angkatan jurusan SK 2013 dan merupakan sosok yang bertanggung jawab, pemberani, ceria dan enak diajak bertukar pikiran.


Fepi, (Aku), Eko, Dede, Ulan, Dela, Ojik, Ilham, Elfa, Dwi, Rio
Andini, Ryan, Suci

Kuliah di jurusan SK mengharuskan kami membuat projek akhir semester hampir di seluruh mata kuliah. Projek akhir itu biasanya berkelompok, terkadang hanya 3 orang per kelompok hingga 8 orang per kelompok. Menurutku hal ini sangat bagus, karena kami dapat menerapkan ilmu teori yang diberikan oleh dosen (selain di praktikum) dan melatih kerja sama kelompok. Kami harus pintar membagi waktu untuk kuliah, membuat tugas dan menyelesaikan projek yang biasanya diberikan pada tengah semester. Memang melelahkan, namun ketika berhasil menyelesaikan projek tersebut, kemudian mempresentasikannya ditambah lagi mendapatkan nilai sangat baik, semua itu menjadi tidak sia-sia dan terbayarkan 💓

Suci, (Aku), Andini
(Aku), Nova, Indah, Elfa

Kami juga pernah mengikuti seminar di luar lingkungan unsri untuk mata kuliah kewirausahaan dan menampilkan tarian tradisional untuk mata kuliah seni budaya. Untuk persiapannya kami diberi waktu kurang lebih 3 bulan. Dan semua kelompok sukses melakukan penampilan terbaik.

Itulah beberapa ceritaku di perjalanan baru ini, untuk teman-teman yang juga sedang kuliah terus semangat ya, semoga kita dapat melaluinya dengan baik dan tentunya menjadi cerita tersendiri suatu hari nanti :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar