Thursday, July 14, 2011

Biola Stradivarius


Biola Stradivarius adalah biola termahal yang pernah terjual di Balai Lelang Christie New York dengan harga lebih dari 2 juta dollar AS atau sekitar 2 milyar rupiah. Biola ini terkenal karena memiliki suara khas dan penuh misteri, dan sulit pula ditandingi oleh biola lainnya yang pernah ada di dunia.

Biola tersebut memiliki sebuah sejarah yang ditorehkan oleh Antonio Stradivari . Antonio Stradivari lahir pada tahun 1644 di Cremona. Dia mempublikasikan biola Stradivarius pada tahun 1698 dan 1725. Antonio Stradivari telah membuat lebih dari 1101 instrument berupa biola, gitar, viola, dan cello. Kira-kira yang bertahan jumlahnya hanya sekitar 650 buah. Untuk biola hanya 100 buah yang bertahan hingga sekarang yang tercatat didunia.

(Bahkan di komik Detective Conan vol.46 ada kasus tentang biola stradivarius loh! Aku aja terkejut, saking terkenalnya biola ini sampe2 masuk ke komik juga tepuk tangan wah...)


Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas Biola Stradivarius, antara lain :
● Kualitas kayu yang dipengaruhi oleh iklim dan cuaca saat menjadi pohon.
● Kerapatan kayu yang dipengaruhi oleh umur kayu sehingga menghasilkan kualitas suara yang unik dan indah.
● Desain oleh pembuatnya yaitu Antonio Stradivari yang menyempurnakan biola tersebut dengan geometri sehingga dapat menghasilkan sebuah biola yang menghasilkan suara yang jernih dan volume suara yang terbesar.

Walaupun Biola Stradivarius telah diketahui sejarah dan bahan pembuatannya, namun sampai sekarang biola tersebut masih menjadi misteri. Banyak para ilmuan yang mencoba untuk membuat duplikat dari biola Stradivarius tersebut dengan menggabungkan berbagai ilmu untuk membuat biola yang sama. Namun usaha mereka belum berhasil untuk membuat sebuah biola yang sama. Termasuk para pemalsu biola Stradivarius yang mencari keuntungan dengan adanya keunikan dan misteri Biola Stradivarius.

No comments:

Post a Comment